PART TIMER’S LIFE (DON’T WASTE YOUR TIME FOR NOTHING)



Hi World,

Well tulisan kali ini tentang kesibukan Part Time yang udah hampir 3 bulan gue jalani.
Okay, gue kerja di salah satu perusahaan di Jakarta Barat dari senin sampe jumat.
Anyway, gue bukan tipe orang yang suka diem dalam artian do nothing. Lebih suka mengisi waktu untuk hal hal yang bermanfaat karena gue bukan tipe tipe orang yang suka ngambur ngamburin duit atau boros, salah satunya beberapa waktu lalu gue cari Part time (kalau masalah cari duit mah mau badan jungkir balik setiap minggu gue rela). Karena kursus jahit gue udah selesai, gue punya waktu kosong di hari sabtu atau minggu, tergantung kelas Al-Qur’an sama kajian rutin yang gue hadiri kapan.

Dengan pemikiran itu, gue carilah part time buat ngisi waktu sama nambahin uang jajan diluar budget uang yang emang ditabung dan living cost setiap bulan. Singkat cerita gue dapet info “DICARI MENTOR BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SMA” seminggu sekali dan komitmen untuk satu tahun ke depan.

In this case, gue orang yang nekad banget. Why ?
Pertama, gue punya pengalaman ngajar bahasa Inggris tapi cuma level elementary school student dan Cuma les Private.
Kedua, Based experience gue selain ngajar adalah penerjemah Bahsa Inggris-Indonesia yang mana pasti beda lah dengan ngajar di dalam kelas.
Ketiga, Based education yang totally different.

Sejak gue masuk ke dunia pekerjaan, gue percaya pendidikan atau jurusan itu tidak menjamin seseorang mendapatkan pekerjaan dan pro pada bidangnya. Semakin gue kesini, orang yang mau belajar, dan ngambil kesempatan apapun selama dia mau coba dan usaha mereka bakalan bisa ngelakuin pekerjaan APAPUN walaupun based educationnya gak berhubungan sama sekali.

Dari pemikiran itulah, gue nekad apply, dan ternyata diterima karena gue ada pengalaman di bidang itu. Walaupun belum pernah ngajar di dalam kelas. Well, gue gak mau miss this chance, kapan lagi bisa belajar, mengajar dan mendapatkan uang dari situ ?
Noted, awalnya gue udah bilang gue mau ngajar anak kelas X SMA aja, pokoknya yang levelnya paling rendahlah. Alhasil gue ngajar buat anak perempuan (kelas akhwat) kelas X salah satu SMA di Tangerang Selatan, sekitaran Sudimara dengan total siswi adalah 37 orang. Jadwalnya setiap malam senin sehabis isya sampai maksimal jam 9.15 pm.

Pertama kesana gak pernah ngebayangin bakalan sejauh ini, mungkin karena rush hour sehabis pulang kerja OTW dari kantor gue di Jakarta barat kesana via kereta kurang lebih 2 jam lebih lebih dikit lah. Paling lama gue biasanya sampe sana 07.30 pm. Paling telat loh ya.
Dan pulangnya ? well pulangnya gue paling cepet sampe rumah via kereta jam 11.00 pm dan paling lambat jam 12.00 pm. Which’s the longest day in week.

Dan semua itu adalah rutinitas yang bakalan dikerjain setahun ke depan, Inshaa Allah kalo gue masih stay di Jakarta. Kalau ada yang terperangah denger ini mah udah biasa, karena Jakarta itu macet, crowded dan system jalan serta transportasi yang berbelit belit di Jakarta itu udah biasa.
Jadi yah awal – awalny agak agak ngeluh juga sih, karena gak pernah ngebayangin ini bakalan menyita waktu dan tenaga banget. Tapi semenjak sharing sharing sama salah satu staff guru disana akhirnya munculah pencerahan. Ternyata siswa siswi disana tidak semuanya mampu untuk sekolah, malah kayaknya lebih banyak siswa siswi yang bersekolah dengan beasiswa.

Ada 3 tipe beasiswa di sekolah ini, Pertama Fully funded dan dia tidak bayar apa apa. Ada yang funded tapi dia bayar semampu dia aja, dan ada juga yang dapet beasiswa sesuai budget program dari sekolah itu sendiri which meant bayar 50:50.

Jadinya, kerja part time disini gak cuma masalah duit aja. Karena kalau masalah mau cari duit aja, uang segitu gak worth to do dengan jarak tempuh dan banyaknya siswa yang diajar. Jadi part time disini ada kepuasan tersendiri sih, kayak 50 % buat part time dan 50% nya lagi volunteering di kegiatan social. Dan semuanya ada kebahagian dan kepuasan  tersendiri tentunya.

So, inilah kehidupan gue sebagai part timer yang menjadikan gue lebih sibuk daripada sebelumnya. By the way sedikit sharing ya (gak maksud sombong, tapi petik pesan tersiratnya), gue sewaktu SD sambil sekolah sambil jualan jajanan ke sekolah, SMP gue ikut club basket, SMA karena gue cuma lulus dalam 2 tahun gue cuma bisa ikut club basket tergantung free time gue sama club taekwondo, sewaktu kuliah gue ikut club bahasa inggris, club Silat, proyekan proyekan tambang, sama part time dari ngajar anak SD sampe kerja sampingan jaga jaga toko, semuanya gue jabanin asal bisa menghasilkan uang sendiri. Kerja sekarang ? gue ambil kursus jahit, part time ngajar di satu SMA di Tangerang Selatan,  self taught Bahasa Arab by youtube and e-book, Kelas Tasmi Al-Qur’an, Kajian mingguan, sampe waktu libur libur hari besar (lebaran haji, dll)  pun gue  part time di laundry, jadi SPG dll. Semua gue jabanin biar dapet uang tambahan jajan dan bisa nabung lebih.
Dan guess what ? dengan semua yang gue telah jalani, gue masih ngerasa termasuk  orang yang menyia nyiakan waktu, entah kenapa. Andai gak tidur itu gak membuat mata panda, gue bakalan santai sering sering begadang buat baca baca.haha


At last, pesan yang mau gue sampein apasih ? Atau makna tersirat dari tulisan ini buat kalian kalian yang masih muda dan ngebaca blog gue ?
Well, okay sependek pengetahuan gue dan sepanjang hidup gue yang udah sampe di angka 25 tahun gue belajar bahwa waktu itu amat sangat penting. Jangan wasting time lagi lah, mau istirahat tidur tidur, leyeh leyeh, santai atau me time itu boleh aja, tapi jangan setiap hari ya.

Bagi yang masih kuliah, sekolah, pekerja, pengangguran, banyak banyaklah ikutin training training atau pelatihan buat nambah skills. Karena kalau udah kerja gak ada waktu banyak buat ikutin kegiatan diluar lagi.  Atau kalau yang mau praktek langsung sehabis pelatihan langsung cari Part Time atau proyek proyek biar skillnya gak hilang dan terasah. Bagi ibu ibu rumah tangga atau pekerja kantoran yang nantinya mau jadi housewife, mending ambil kursus kursus yang kelak bisa dijadikan bisnis. Jadi kalaupun nantinya kita gak kerja lagi, kita bisa menghasilkan uang dari rumah dan tetap dekat dengan keluarga. Bisa jadi sampingan atau malah jadi penghasilan utama kelak, plus biar gak stress berkutat sama dapur mulu.

Hmm, dan ini cuma opini gue yaa sesuai hidup gue dan pengalaman yang gue jalani. Bagi yang punya cara lain buat ngisi waktunya sih silahkan share dimari siapa tau bermanfaat buat yang baca, tapi pastinya dalam makna dan tujuan positif ya dan dengan jalan yang halal juga.

Gue rasa cukup deh postingan gue kali ini, silahkan leave comment bellow kalau ada pertanyaan atau masukan atau mau sharing. See yaa on my next post


Komentar

  1. videoslensnite.cc: youtube - Vimeo
    Watch best youtube to mp3 converter videoslensnite.cc: YouTube. Discover new videoslensnite.cc: videoslensnite.cc and other vimeo channels.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LIP TREATMENT SERIES UNTUK BIBIR HITAM DARI AIRIN

SEWING CLASS PART II